BEM UM Sukses Gelar LKMO bagi Anggota Baru

Malang. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang (UM) tahun 2022 sukses menyelenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMO). Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari pada (4-6/03) secara hybrid melalui zoom meeting dan Aula Gedung B3 Fakultas Sastra UM. Acara tersebut dihadiri oleh seluruh fungsionaris BEM UM 2022, pendamping BEM UM, perwakilan (Dewan Perwakilan Mahasiswa) DPM, dan Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Alumni.

Sambutan oleh Pendamping BEM Dr. Sucipto, M.S.

LKMO BEM UM 2022 mengusung tema “Membangun Integritas Anggota dalam Harmoni Intelektualitas dan Profesionalitas”.  Materi yang disampaikan adalah: 1) Keorganisasian dan manajemen diri, 2) Tata cara persidangan, 3) Aliansi BEM Seluruh Indonesia, dan 4) Kajian strategis dan manajemen aksi. Dalam LKMO ini juga dilaksanakan kegiatan praktik manajemen aksi dan sidang penetapan AD/ART BEM UM.

Suasana Penyampaian Materi
Penyampaian Materi Manajemen Aksi

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Kemahasiswaan dan Alumni Hendra Susanto, S.Pd, M.Kes, Ph.D menyampaikan bahwa BEM UM memiliki peran yang penting dalam menampung dan mengadvokasi aspirasi mahasiswa UM. “Inilah momentum untuk mengembalikan lagi citra baik BEM UM di mata mahasiswa UM setelah vakum satu tahun kemarin” ujarnya. Pihak Kemahasiswaan UM, lanjutnya, selalu mendukung dan terbuka terhadap kegiatan yang akan dilaksanakan oleh BEM.

Pendamping BEM UM Dr. H. Sucipto, M.S. berharap melalui kegiatan LKMO ini para fungsionaris BEM dapat belajar dan memahami kondisi internal dan eksternal BEM. “Kegiatan LKMO ini semoga bisa menjadi wadah dan sarana bagi saudara sekalian untuk meningkatkan kemampuan berorganisasi, jadi ikutilah dengan maksimal” ujar dosen Departemen Pendidikan Luar Sekolah ini. Menjadi pengurus BEM, lanjutnya, artinya harus belajar bukan hanya untuk diri sendiri tapi harus berpikir bagaimana bisa berkontribusi. 

Sementara itu, Presiden Mahasiswa UM Naufal Taufiqur Rahman menyampaikan bahwa fungsionaris BEM UM 2022 berjumlah 130 mahasiswa yang merupakan keterwakilan dari masing-masing fakultas dan telah dinyatakan lolos sebagai pengurus BEM setelah melewati berbagai proses. “Kalian adalah mahasiswa pilihan dan menjadi representatif mahasiswa UM, selamat menjalankan tugas dan mengemban amanah satu periode kedepan” Ujarnya.

Pewarta : Arya Wahyu Pratama