PRESS RELEASE FORUM PAGUYUBAN BEM Se-UM, DPM dan DMF

Hidup Mahasiswa!

BEM UM melalui kementrian advokasi dan kesejahteraan mahasiswa melakukan forum paguyuban Bersama DPM, DMF Se-UM, dan BEMFA Se-UM sebagai salah satu wadah komunikasi dan tempat bertukar pikiran terkait permasalahan yang sedang dihadapi sekarang ini, di sisi lain forum ini juga berfungsi sebagai pembangun sistem koordinasi dan sebagai fasilitator dalam pengadvokasian dan penyampaian aspirasi mahasiswa-mahasiswa yang ada, forum ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2022.

Kami membuat forum ini karena beberapa waktu lalu, Universitas negeri malang berhasil menjadi salah satu perguruan tinggi negeri berbadan hukum yang sebelumnya tanggal 25 november tahun 2021 adalah PTN BLU. Namun sampai saat ini masih ada beberapa permasalahan terkait perubahan tersebut, seperti masih belum adanya sosialisasi dari pihak rektorat terkait PTN BH mengenai pencairan dana program kerja ormawa UM, pertanyaan tentang naiknya UKT atau tidak, sehingga membuat beberapa mahasiswa di Universitas Negeri Malang merasa kesulitan dan dirugikan karena belum adanya informasi terkait hal tersebut, di tambah lagi tentang simpag siurnya keputusan tentang potongan UKT bagi mahahasiswa.

Pada tanggal 4 Januari 2022 dikeluarkan SK nomor 4.1.38/UN32.I/KM/2022 mengenai perkuliahan tatap muka 100% serta pada kenyataannya beberapa fakultas masih melakukan perkuliahan secara hybrid meskipun telah dikeluarkan SK perkuliahan secara tatap muka 100%. Kemudian pada tanggal 21 Januari 2022 dikeluarkan SK nomor 4.1.38/UN32.I/KM/2022 mengenai perkuliahan tatap muka 50%.

Meningkatnya kasus covid-19 dengan variasi omicron ini yang juga membuat keputusan pertemuan tatap muka yang diberikan oleh rektorat menjadi pertanyaan besar. Pantaskah pertemuan tatap muka dilaksanakan pada kondisi sekarang ini? Hal-hal ini lah yang mengimplikasi dengan pembahasan yang kami laksanakan yang membahas tentang beberapa masalah yang sedang kita hadapi sekarang ini.

Hasil kajian secara lengkap dapat di akses pada link dibawah ini:
http://bit.ly/PressReleas3