Press Release Penundaan Pemilu Kepentingan Bersama atau Pengalihan Isu

Malang, 24 Maret 2022. Isu penundaan pemilu yang mengarah kepada perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi 3 periode kembali ramai dibicarakan publik setelah beberapa kali muncul dan hilang. Isu ini bergulir setelah presiden kembali memberi pernyataan yang tidak sekeras dengan pernyataan sebelumnya. Perbedaan pernyataan sikap yang diberikan presiden lantas menimbulkan beragam spekulasi dan kontroversi di masyarakat. Apakah isu ini merupakan kepentingan bersama atau hanya sekedar pengalihan isu belaka?. Melalui Direktorat Jenderal Kajian Strategis Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa, BEM Universitas Negeri Malang melaksanakan diskusi publik bersama mahasiswa dan mahasiswi UM sebagai suatu wadah untuk saling bertukar pikiran terkait isu penundaan pemilu.

Diskusi publik ini semula mengambil tema “Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden 3 Periode? Yakin?” yang kemudian dengan beberapa pertimbangan tema tersebut diperbaiki menjadi “Penundaan Pemilu: Kepentingan Bersama atau Pengalihan Isu? Siapa Yang Tahu”. Melalui diskusi publik ini, mahasiswa dan mahasiswi UM saling memberikan argumen dan bertukar pikiran bersama dengan para pengurus BEM UM 2022. Sehubungan dengan diskusi publik yang telah dilaksanakan secara lancar pada hari Kamis, 24 Maret 2022 di teras Gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang, dengan ini Direktorat Jenderal Kajian Strategis, Kementerian Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa BEM UM 2022 menginformasikan beberapa hal yang telah dibahas dengan rincian sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Pemaparan materi oleh Raymond Tobing selaku Kepala Program Monitoring Hukum dan Peradilan Malang Corruption Watch (MCW) dengan topik “Penundaan Pemilu: Kepentingan Bersama atau Pengalihan Isu? Siapa Yang Tahu?”
  3. Sesi tanya-jawab antara peserta dengan narasumber
  4. Penutup

Rilis lengkap dapat di unduh dibawah ini: