Optimalisasi Sinergritas Eksekutif sebagai Fundamental Organisasi melalui Integritas Eksekutif

  • Penyampaian program kerja dari masing masing kementerian

Malang. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Malang (UM) 2022 menyelenggarakan intregasi eksekutif yang ditujukan untuk pengurus BEM UM 2022 serta pengurus BEM Fakultas UM 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung B3 aula Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang pada Rabu 13 April 2022. Tema yang diusung untuk kegiatan ini adalah optimalisasi sinergritas eksekutif sebagai fundamental organisasi.

Integrasi eksekutif dihadiri oleh delegasi dari masing-masing kementrian BEM UM 2022 dan BEM Fakultas UM 2022. Kegiatan integrasi eksekutif diawali dengan dinyanyikannya lagu Indonesia Raya serta Mars Universitas Negeri Malang. Lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Apis Malifera selaku ketua pelaksana, Naufal Taufiqur Rochman selaku presiden mahasiswa BEM UM 2022, serta Bapak Su’udi A.Ma, S.Pd selaku Kasubag MPIKA Universitas Negeri Malang.

Acara integrasi eksekutif ini merupakan wadah dari BEM UM dan BEM Fakultas UM untuk saling berkoordinasi serta berkolaborasi. “Dengan diselengarakannya integrasi eksekutif ini diharapkan dapat membantu menjalin hubungan yang harmonis antar seluruh lembaga eksekutif yang ada di universitas negeri Malang serta membangun kerja sama yang dinamis dan strategis”, ujar Apis Malifera selaku ketua pelaksana acara tersebut. Ketua pelaksana juga menyampaikan bahwasannya  intregasi eksekutif hari ini yaitu acara yang pertama, yang mana nantinya di waktu yg akan datang akan ada intregasi eksekutif selanjutnya.

Setelah dilakukan pembacaan doa oleh seluruh hadirin, acara dilanjutkan dengan diskusi antara delegasi masing-masing kementrian dari BEM UM 2022 dan BEM Fakultas 2022. Forum yang terbentuk terdiri dari forum kementrian dalam negeri, forum kementrian luar negeri, forum kementrian advokasi dan kesejahteraan mahasiswa, forum kementrian ekonomi kreatif, forum kementrian pengembangan sumber daya manusia, forum kementrian komunikasi dan informasi, forum kementrian sosial masyarakat serta forum ketua BEM. Forum diskusi dilaksanakan selama 40 menit dengan tambahan waktu sebanyak 15 menit.

Setelah forum diskusi ditutup, acara dilanjutkan dengan penyampaian hasil diskusi oleh masing-masing menteri BEM UM 2022. Penyampaian hasil diskusi tersebut dilaksanakan dengan maksimal waktu 10 menit. Peserta acara juga dipersilahkan untuk menyampaikan pertanyaannya kepada kementrian yang telah menyampaikan hasil diskusinya.

Kegiatan integrasi eksekutif ditutup dengan doa bersama dan juga sesi dokumentasi berupa foto bersama seluruh mahasiswa yang hadir pada kegiatan tersebut. Melalui terselenggarakannya acara ini, Presiden Mahasiswa UM, Naufal Taufiqur Rochman mengharapkan bahwa kedepannya akan ada komunikasi, koordinasi dan kolaborasi antar BEM UM 2022 dan BEM Fakultas UM 2022 dalam bentuk program kerja, misalnya dalam bentuk program kerja PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru) maupun di program-program lainnya.

 

Pewarta : Alfina Lutfi dan Dea Kaffah