CATATAN KRITIS BEM MALANG RAYA “PERPANJANGAN PERIODE DENGAN SEGALA RENTETAN MASALAHNYA”

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang belum kunjung membaik dan berbagai macam problematika yang sedang melanda Indonesia mulai dari kenaikan harga minyak, kenaikan BBM, ditambah permasalahan konflik agraria, proyek pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara sampai dengan wacana kenaikan bahan pokok lainnya. Wacana perpanjangan masa jabatan Presiden kembali mencuat dalam situasi perekonomian Indonesia yang masih belum stabil. Beberapa partai politik koalisi Pemerintah, GOLKAR, PKB, dan PAN menyampaikan bahwa Pemilu 2024 akan ditunda selama 1 sampai 2 tahun.

Wacana penundaan pemilu tersebut memicu problematik karena tidak memiliki landasan argumentasi konstitusional yang kuat. Argumen yang disampaikan lebih kepada kepentingan politik praktis dan ekonomi jangka pendek saja. Wacana tersebut juga memicu potensi imbas lain, yaitu bertambahnya masa jabatan Presiden serta lembaga lain yang dipilih melalui Pemilu seperti MPR, DPR, DPD, DPRD, hingga sampai kepada Kepala Daerah. Alih-alih memfokuskan pada pemulihan ekonomi selama pandemic Covid-19 pemerintah malah mengusulkan jalan yang melenceng dari koridor peraturan perundang-undangan.

Perubahan Konstitusi dengan tujuan hanya untuk menunda Pemilu dan menambah masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden, baik melalui jalur formal ataupun informal, adalah suatu bentuk pengkhianatan terhadap nilai-nilai demokrasi yang ada dalam konstitusi. Padahal nilainilai konstitusionalisme justru bertujuan untuk membatasi kekuasaan, menjamin hak asasi manusia, dan mengatur struktur fundamental ketatanegaraan. Oleh karena itu, tidak tepat Konstitusi diubah hanya untuk menunda pelaksanaan Pemilu. Perpanjangan pemilu seolah menegaskan bahwa tujuan bernegara adalah demi kekuasaan, bukan sebesar-besarnya kepentingan rakyat.

Maka dari itu kami selaku mahasiswa yang masih mempunyai kesadaran atas kedzaliman yang telah dilakukan oleh pemerintah, Dengan ini kami Aliansi BEM Malang Raya menolak keras adanya Perpanjangan Periode ditengah carut marut dan permasalahan-permasalahan yang terjadi negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai serta aturan perundang undangan.

Berikut kami akan sampaikan hasil-hasil kajian dan Konsolidasi yang sudah kami lakukan secara massif dan terstruktur. Dengan adanya kajian ini kami berharap semakin banyak pihak atau masyarakat yang sadar atas kedzaliman-kedzaliman yang dilakukan oleh para penguasa kita. Ada beberapa fokus kajian yang kami titik beratkan antara lain yaitu:

  1. Wacana Penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) Dan Perpanjangan Masa Jabatan Presiden
  2. Permasalahan Agraria
  3. Kenaikan Harga Bahan Pokok Dan Kenaikan Bbm
  4. Persekongkolan Mega Proyek Ibu Kota Negara

Rilis resmi dpat di unduh dibawah ini: