Gerakan 1000 PKM #1 Webinar Kreativitas dan Cipta Karya Mahasiswa

Malang. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) melalui Direktorat Jenderal Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pengembangan Sumber Daya Manusia telah sukses melaksanakan salah satu program kerjanya yaitu “Webinar Kreativitas dan Cipta Karya Mahasiswa” yang dilaksanakan pada Minggu, 22 Mei 2022 secara daring melalui zoom meeting dan diikuti oleh mahasiswa dari lingkungan Universitas Negeri Malang dan juga nasional. Webinar ini menghadirkan 3 pemateri yang masing – masing memberikan pengetahuan yang beragam. Tiga pemateri ini adalah Reza Aulia Akbar, S.T. CIAR (CEO Science Hunter Indonesia), Sopingi, S. Sos. M. Pd (Dosen FIP UM, Juri PIMNAS ke – 31 di UNY dan ke – 32 di Udayana) dan Nabilah Azfa Fauziyyah (Peraih Medali Perunggu dalam PIMNAS 34 Tahun 2021). 

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk membangkitkan ketertarikan mahasiswa terhadap karya ilmiah. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas mutu pendidikan tinggi, mulai dari tingkat Universitas Negeri Malang hingga ke seluruh Indonesia. Selain itu, pelaksanaan kegiatan PKM diharapkan dapat menyiapkan mahasiswa agar kelak menjadi anggota masyarakat yang cerdas, mandiri, dan berilmu melalui kegiatan-kegiatan yang mengasah kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, dan kerja sama tim.

Mengenal Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)  

Tentu sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa mendengar kata – kata PKM. Namun apa sih sebenarnya arti dari PKM itu sendiri? Mari kita kulik lebih jauh. Dikutip dari laman LLDIKTI Wilayah VI, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah kegiatan untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Webinar Kreativitas dan Cipta Karya Mahasiswa 

Dalam webinar Gerakan 1000 PKM ini sendiri membahas mengenai teknik kepenulisan karya tulis ilmiah yang diawali dengan menemukan rumusan masalah yang akan dikupas lebih lanjut. Selain itu, dijelaskan pula oleh pemateri mengenai PKM yang memiliki 2 jenis usulan, yaitu usulan dalam bentuk proposal yang terdiri dari 8 bidang dan usulan dalam bentuk artikel yang terdiri dari 2 bidang. PKM dinilai dari beberapa hal, yaitu dari sisi administrasi, usulan yang diajukan, serta konten atau isi usulan. Di beberapa bidang PKM, ada beberapa persyaratan yang mengharuskan bidang PKM tersebut linear dengan bidang ilmu dari ketua kelompoknya. Jika tidak linear, proposal akan ditolak. Selain itu dihadirkan pula sesi tanya jawab sehingga peserta bisa secara langsung menanyakan pertanyaannya kepada narasumber.

Pewarta : Refina Eka Purwaningrum

After Movie