Bedah Buku “The Alpha Girl’s Guide” : Kolaborasi BEM UM dan UKM Penulis UM

Malang. Dewasa ini, isu keperempuanan dan kesetaraan gender marak dibicarakan oleh generasi muda. Ditjen Pemberdayaan Perempuan BEM UM berkolaborasi dengan UKM Penulis UM dalam mengadakan agenda Bedah Buku yang berjudul “The Alpha Girl’s Guide” sebagai salah satu bentuk implementasi peran serta perwujudan menciptakan kesetaraan gender. Tujuan diadakan agenda Bedah Buku tersebut adalah untuk pencerdasan terkait isu keperempuanan guna menciptakan kesetaraan gender. Agenda Bedah Buku tersebut dilaksanakan pada 15 Juni 2022 pukul 14.00 WIB secara online melalui platform Zoom dengan dihadiri oleh Saudari Malichatus Sa’diyah selaku pembedah dan Saudari Izza Berlian Afkarina selaku moderator.

Buku “The Alpha Girl’s Guide” merupakan salah satu karya Henry Manampiring yang kerap disapa Om Piring. Saudari Malichatus Sa’diyah selaku pembedah menyampaikan poin-poin yang terkandung dalam buku tersebut, diantaranya adalah Pengertian Alpha Female, The Alpha Student, The Alpha Friend, Your Alpha Lover, The Alpha Professional, The Alpha Look, The Alpha Carer dan The Alpha Future.

Disebutkan bahwa Alpha Female adalah perempuan-perempuan yang berada di puncak karena prestasi dan attitude-nya. Mereka memiliki sifat cerdas, kritis, independen, pekerja keras, kepemimpinan yang bagus, dan percaya diri. Mereka disegani dan dihormati baik oleh sesama perempuan bahkan laki-laki. Buku tersebut memiliki bahasan mengenai bagaimana Alpha Female berperilaku ketika berada di lingkungan sekolah, dalam kehidupan pertemanan, dalam kehidupan percintaan atau romansa, dalam lingkup profesionalitas seperti lingkungan kerja atau organisasi, dalam hal penampilan, dalam karir yang sedang ditempuh serta bagaimana masa depan yang diinginkan oleh Alpha Female.

Usai pemaparan dilakukan, sesi tanya jawab dan diskusi dimulai. Sesi tersebut berjalan interaktif karena rasa antusias peserta dalam menyampaikan pertanyaan, tanggapan serta menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pembedah. Pembedah menyampaikan dua pertanyaan yang mendapatkan tanggapan dari peserta. Salah satu pertanyaan yang disampaikan oleh pembedah adalah “Antara akademik dan organisasi, manakah yang menjadi prioritas utama?’, beberapa jawaban yang diberikan peserta diantaranya “Akademik”, “Harus seimbang antara akademik dan organisasi”, dan lain sebagainya.  Beberapa peserta menyampaikan pertanyaan yang terkait dengan materi yang telah diberikan, salah satunya adalah “Apakah alpha woman bisa disebut sendiri (self diagnosed) atau harus mendapat pengakuan dari orang lain?”.

 

Pewarta : Alfina Lutfi