Kunjungan Kerja: BEM UM × BEM KM UNISSULA “Comparison for Perfection”

Dokumentasi Kegiatan Kunjungan Kerja

Malang. Kunjungan kerja merupakan salah satu agenda BEM UM 2022 yang bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik antar Lembaga serta dapat membangun sinergi dan kerja sama yang berkelanjutan dengan BEM UM 2022. Kunjungan kerja ini mengusung tema “Comparison for Perfection”. Dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2022, kunjungan kerja oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Sultan Agung Semarang (BEM KM Unissula) yang bertempat di Aula Ki Hajar Dewantara Gedung A6 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pengurus BEM KM Unissula yang berjumlah 92 orang sampai di Universitas Negeri Malang pada pukul 08.00 WIB dan agenda kunjungan kerja tersebut dimulai pada pukul 08.15 WIB. 

Pembukaan acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak serta  pembacaan doa yang dipimpin oleh staf ahli kementerian dalam negeri ditjen agama dan kerohanian. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Naufal Taufiqur Rochman selaku presiden mahasiswa BEM UM dan Asara M Alwind T selaku presiden mahasiswa BEM KM Unissula. Serta sambutan sekaligus pembuka acara secara simbolis oleh Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang, Dr. Mu’arifin, M.Pd.

Sambutan oleh Presiden Mahasiswa BEM UM

Pada sambutan yang dibawakannya, Saudara Naufal selaku presiden mahasiswa BEM UM 2022 menyampaikan bahwa kunci kesuksesan ada tiga yaitu komunikasi koordinasi kolaborasi.  “Pada hari ini kita mulai membangun komunikasi yang baik dan membuat koordinasi serta melaksanakan kolaborasi dengan BEM KM Unissula”, ujarnya.  

Kegiatan kunjungan kerja yang dilaksanakan oleh BEM UM dan BEM KM Unissula ini bukan hanya kunjungan yang diadakan untuk bertamu saja, namun harapan utama dari Saudara Asara selaku presiden mahasiswa BEM KM Unissula mengenai kunjungan kerja tersebut adalah untuk mendapatkan informasi-informasi yang berguna untuk berjalannya organisasi kedepannya. Saudara Asara menjelaskan bahwa pola kehidupan organisasi telah berubah yang disebabkan oleh masa transisi pembelajaran dari tatap muka menjadi serba online. “Maka dari itu BEM UNISSULA menjemput ketidaksempurnaan dengan melaksanakan studi banding ke salah satu Universitas di Malang, yaitu Universitas Negeri Malang, diharapkan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berguna dan tidak sekedar duduk dan menikmati snack”, tutur Saudara Asara.

Bapak Dr. Mu’arifin, M.Pd. selaku Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang berpesan bahwa saat memasuki dunia perguruan tinggi hendaknya mahasiswa tidak hanya fokus dengan aktivitas perkuliahan saja, diperlukan pula keaktifan dalam dunia organisasi agar potensi yang dimiliki dapat dimaksimalkan.

Sambutan oleh Wakil Rektor III UM

Rangkaian acara selanjutnya adalah pemaparan program kerja yang dilaksanakan oleh presiden serta wakil presiden dari BEM UM dan BEM KM Unissula. BEM UM menjelaskan mengenai struktur internal dan eksternal organisasi BEM UM serta program kerja unggulan dari masing-masing kementerian. Sedangkan, BEM KM Unissula menampilkan video profil organisasinya serta memaparkan seluruh program kerja yang terdapat pada masing-masing kementrian BEM. Melalui pemaparan program kerja oleh masing-masing presiden dan wakil presiden mahasiswa, diharapkan BEM UM dan BEM KM Unissula mendapatkan informasi penting mengenai hal tersebut yang dapat dijadikan inovasi untuk pengembangan organisasi ke arah yang lebih baik.

Pemaparan Program Kerja BEM KM Unissula
Suasana Forum Diskusi Grup
Penyerahan Cinderamata oleh BEM UM

Acara selanjutnya yaitu forum diskusi grup dari masing-masing kementrian oleh BEM UM dengan BEM KM Unissula, forum dilaksanakan dengan durasi 65 menit. Tema yang diusung saat diskusi adalah mengenai agenda, program kerja dan dinamika yang ada pada kementrian di BEM UM dan BEM KM Unissula. Forum diskusi dipimpin oleh sekretaris menteri BEM UM. acara penyerahan cinderamata oleh BEM UM kepada BEM Unissula dilaksanakan setelah forum diskusi berakhir.

Kunjungan kerja diakhiri dengan penutupan dari Presiden Mahasiswa BEM UM dan Presiden Mahasiswa BEM KM Unissula. Sesi dokumentasi dilaksanakan setelah acara tersebut ditutup untuk mengabadikan moment kebersamaan kunjungan kerja BEM UM dan BEM KM Unissula. 

Pewarta: Alfina Lutfi Rahmawati, Dea Kaffah Amelia