Integrasi Eksekutif 2 : “Membangun Sinergitas Eksekutif Sebagai Pondasi atas Integritas”

  • Dokumentasi Peserta Kegiatan Integrasi Eksekutif 2

Malang. Dalam rangka membangun forum diskusi untuk guna menyelaraskan unsur unsur organisasi eksekutif yang berada di lingkungan Universitas Negeri Malang serta membangun hubungan antara Badan Eksekutif Mahasiswa dalam lingkup universitas, BEM UM 2022 mengadakan kegiatan Integrasi Eksekutif. Sebelumnya telah dilakukan Integrasi Eksekutif pertama pada Rabu 13 April 2022, kini Integrasi Eksekutif 2 dilaksanakan pada Selasa, 19 Juli 2022. Kegiatan tersebut berlokasi di Aula Gedung D10 Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan dresscode PDH (Pakaian Dinas Harian).

Kegiatan yang memiliki tema “Membangun Sinergitas Eksekutif Sebagai Pondasi atas Integritas” ini dihadiri oleh Bapak Su’udi A.Ma, S.Pd untuk menggantikan Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang yang sedang berhalangan hadir dan Ketua BEM Universitas Negeri Malang beserta jajarannya. Universitas merupakan tingkatan pendidikan tertinggi, dimana pada Universitas Negeri Malang sendiri terdapat dua Badan Eksekutif Mahasiswa yakni Badan Eksekutif Mahasiswa pada tingkat universitas dan Badan Eksekutif Mahasiswa pada tingkat fakultas. BEM UM 2022 selaku badan eksekutif mahasiswa pada tingkat universitas sudah seharusnya menjadi wadah aspirasi bagi seluruh organisasi eksekutif yang ada di Universitas Negeri Malang.

Agenda Integrasi Eksekutif 2 ini diawali dengan pembukaan yaitu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars UM yang dilanjutkan oleh pembukaan ketua pelaksana kegiatan yaitu Saudari Alya Azzajiroh. Selanjutnya, Saudara Naufal Taufiqur selaku Presiden Mahasiswa UM serta Bapak Su’udi A.Ma, S.Pd turut memberikan sambutan. Acara dilanjutkan ke forum diskusi yang berlangsung selama 120 menit setelah dilakukan pembacaan doa.

Forum diskusi dikelompokkan menjadi tiga forum dengan pembahasan yang berbeda yang memiliki topik utama yaitu PKKMB serta isu UKT KIP-K. Pihak BEM Fakultas yang menghadiri agenda Integrasi Eksekutif 2 adalah ketua dan wakil ketua serta lima orang anggota yang dibagi dalam tiga forum. Forum pertama memiliki topik pembahasan yaitu Mekanisme Perkuliahan, Keterwakilan Mahasiswa dalam Pemilihan Rektor serta Narahubung dan Media Partner. Jajaran pengurus BEM UM yang menghadiri forum diskusi pertama adalah Badan Pengurus Harian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kementerian Sosial Masyarakat. Forum kedua memiliki topik pembahasan yaitu Festival Nusantara, Kelanjutan Reward Prestasi dan BEM Seluruh Indonesia wilayah Jawa Timur. Jajaran pengurus BEM UM yang menghadiri forum diskusi kedua adalah Kementerian PSDM (Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) dan Kementerian Luar Negeri. Forum ketiga memiliki topik pembahasan yaitu pengkajian Isu UKT (Uang Kuliah Tunggal) serta KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah). Jajaran pengurus BEM UM yang menghadiri forum diskusi ketiga adalah Kementerian Advokesma (Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa). Setelah forum diskusi dilaksanakan, dilakukan penyampaian hasil diskusi oleh masing-masing perwakilan forum diskusi.

Presiden Mahasiswa UM, Saudara Naufal Taufiqur Rochman menuturkan harapan mengenai keberlangsungan agenda Integrasi Eksekutif 2 pada sambutannya, “Dengan adanya forum kita bisa berkomunikasi dan saling mengetahui kendala-kendala agar bisa ditemukan solusinya. Bisa membangun komunikasi yang baik, koordinasi antar lembaga dan juga kolaborasi”.

Pewarta : Alfina Lutfi Rahmawati