Webinar Ditjen Pemberdayaan Perempuan BEM UM dengan Tema “The Important Role of Woman in Society and Their Contribution to Development”

Malang. Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) melalui Direktorat Jenderal Pemberdayaan Perempuan Kementerian Pengembangan Sumber Daya Manusia telah sukses menyelenggarakan agenda “Webinar Ditjen Pemberdayaan Perempuan” pada Sabtu, 25 Juni 2022 secara daring melalui Zoom Meeting yang diikuti oleh seluruh mahasiswa serta masyarakat umum. Webinar ini dikemas dengan 2 sesi yang terdiri atas 2 sub tema yaitu “The Matilda Effect dan Kontribusi Perempuan di Masa Lampau” yang dipaparkan oleh Moch. Nurfahrul Lukmanul Khakim, M.Pd (Dosen FIS UM) dan sub tema “Penghalang Perempuan dalam Berkontribusi terhadap Perkembangan Dunia” yang dipaparkan oleh Siti Uut Rochimatin, S.Pt (MC Banyuwangi).

Webinar ini bertujuan untuk mensosialisasikan bagaimana peran dan kontribusi perempuan di berbagai sektor kehidupan dunia dan masyarakat. Sehingga dengan demikian, diharapkan masyarakat mulai membuka mata tentang peran penting perempuan yang nantinya akan mampu mewujudkan kesetaraan gender dan terdobraknya kultur patriarki.

Webinar Ditjen Pemberdayaan Perempuan ini sendiri pemateri membahas mengenai kontribusi perempuan di masa lampau khususnya di Indonesia yang diawali oleh RA. Kartini dan kemudian disusul oleh beberapa perempuan lainnya yang saat ini sudah dinobatkan menjadi pahlawan nasional. Selain itu pemateri juga membahas mengenai budaya patriarki dan stigma negatif masyarakat kepada perempuan sehingga dianggap sebagai upaya menghalangi, membatasi, serta mengurangi akses perempuan untuk mengembangkan diri dalam berbagai ranah kehidupan.

Seusai pemaparan materi dilakukan oleh para pemateri, sesi diskusi dan tanya jawab pun juga dihadirkan dalam kegiatan kali ini, sehingga pada sesi ini antusias para peserta webinar sangat tinggi dan interaktif dalam memberikan pertanyaan dan tanggapan mengenai tema materi yang dihadirkan.