Webinar Kepelatihan Fisik Olahraga. Ditjen Seni dan Olahraga

  • Situasi Ruang Zoom Meeting

Malang. Dewasa ini, ada banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah memiliki pola hidup yang sehat. Menjaga kebugaran tubuh, sehat jasmani dan rohani adalah hal yang penting bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Ditjen Seni dan Olahraga, sebagai salah satu bentuk implementasi peran, memfasilitasi mahasiswa UM dalam meningkatkan pemahaman terkait keolahragaan dengan mengagendakan Webinar Kepelatihan Fisik Olahraga. Agenda Webinar Kepelatihan Fisik Olahraga tersebut dilaksanakan pada Minggu, 3 Juli 2022 pukul 10.00 WIB secara online melalui platform Zoom dengan dihadiri oleh Saudara Dr. Arief Darmawan dan Sofie Imam Faisal selaku pemateri, Saudari Tariza Juliasih selaku  MC serta Ayu Tiara Sari dan Muhammad Niki selaku moderator.

Latihan fisik merupakan kegiatan untuk meningkatkan dan atau memelihara kesehatan tubuh. Latihan fisik dapat menjaga kualitas tubuh serta berpengaruh besar terhadap bentuk fisik kita sebagai manusia. Dijelaskan oleh Dr. Arief Darmawan, latihan fisik merupakan penyumbang utama dalam gaya hidup sehat. Tetapi, sehat tidak hanya karena latihan fisik, tetapi menjaga pola tidur, menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi, serta mengelola stres dengan baik.

Disebutkan oleh Sofie Imam Faisal, akibat dari tidak melakukan latihan fisik dapat menyebabkan munculnya penyakit hipokinetik (kurang gerak) seperti obesitas dan dan banyak lemak (menurunkan kualitas fungsi organ). Pola hidup yang tidak sehat juga dapat memicu munculnya penyakit degeneratif, kardiovaskuler serta kebugaran jasmani dan rohani menurun.

Dengan pemaparan yang baik, pemateri menjelaskan bagaimana membentuk pola hidup yang sehat, bagaimana porsi latihan efektif untuk kesehatan, apa saja hal yang perlu dihindari saat latihan fisik, serta keingintahuan dan antusias para peserta membuat webinar terasa menenangkan.

Pewarta : Rachel Ayla Adjani

After Movie