Berdayakan Perempuan Desa, BEM UM Adakan Pelatihan Memasak

Malang – Tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang (BEM UM) mengadakan program “Sekolah Omah Wadon”. Progam yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan ini menargetkan ibu-ibu  dan Karang Taruna Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

“Saya menyambut baik dan mendukung adik-adik mahasiswa untuk belajar dan berinovasi dalam mengamalkan tridharma perguruan tinggi khususnya di bidang pengabdian masyarakat,” kata Subur Hariono, Subbag Akademik dan Kemahasiswaan UM saat membuka acara tersebut di Balai Desa Wringinongo, Sabtu. 17/09/2022.

Selain sebagai tempat belajar, Subur juga berharap dari program ini dapat melahirkan berbagai kreativitas baru yang bermanfaat untuk masyarakat.

Aji Kharisna, Ketua Pelaksana Sekolah Omah Wadon menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk meningkatkan softskill para peserta agar dapat mendukung Desa Wringinsongo sebagai desa wisata.

“Bentuk program ini berupa pelatihan membuat steak dan nugget dari tempe,” kata Aji.

Lebih lanjut, mahasiswa jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan ini menerangkan alasan memilih tempe sebagai bahan baku karena mudah didapatkan dan harganya murah.

Erna, salahsatu peserta program tersebut merespon baik selama mengikuti kegiatan ini.
“Olahan steak dan nugget ini selain untuk jualan juga bisa sebagai kreasi lauk pauk yang disukai anak-anak,” katanya.

Program sekolah omah wadon ini, harap Erna dapat hadir kembali untuk memberikan pelatihan-pelatihan baru bagi ibu-ibu PKK dan Karang Taruna Desa Wringinsongo.