Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi (PKPT), merupakan salah satu materi yang diberikan kepada mahasiwa baru di Universitas Negeri Malang (UM) sebelum mahasiswa baru melakukan aktivitas akademikanya. Pemberian PKPT bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa baru tentang dinamika kehidupan kampus baik aktivitas akademik, kemahasiswaan, administrasi dan lain-lain.
Pada tanggal 3 Mei 2013 jam 13.00 sampai 16.00, bertepatan dengan agenda Workshop Keseketariatan Organisasi Mahasiswa Universitas Negeri Malang (ORMAWA UM) 2013 di gedung A3 Lantai 2, yang dihadiri perwakilan dari masing-masing Unit Kegiatan Mahasiwa (UKM), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pada acara itu pula telah hadir Bapak Sucipto selaku Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM), beliau memberikan sambutan mengenai selayang pandang kepada ORMAWA terkait pelaksanaan PKPT 2013. Yang berisi sebagai berikut :

• Secara umum memiliki kegiatan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya, namun lebih bertemakan akademik dan Berbasis Kelas . hal tesebut tanpa mengurangi peran dari pelaksana teknis dari PKPT 2013.
• Kegiatan akan dilaksanakan mulai jam 07.00 pagi sampai 12.30 siang, dan segala aktifitas harus selesai pada jam tersebut.
• Meniadakannya pembawaan barang bawaan terhadap kegitaan PKPT 2013. Serta tidak adanya perpeloncoan didalam mekanisme PKPT 2013.
• Pelaksana teknis terdiri dari gabungan dosen dan pelaksana teknis ORMAWA (Organanisasi Mahasiswa 2013).
• Kegiatan PKPT di estimasi terlaksana 4 hari sampai 5 hari, sesuai dengan Tema yang disepekati.
• Pasca dari kegiatan rutinan Pengenalan Kehidupan Perguruan Tinggi, akan diberlakukan Green Even “ Student Day ” Menjalin kebersamaan dengan ormawa dengan kegiatan sosial atau gotong royong. Dan dianjurkan memakai almamater selama kegiatan itu berlangsung.

2 Responses to SELAYANG PANDANG PKPT UM 2013

  1. Sangat setuju dengan konsep “student day”. Mahasiswa baru harus dibentuk karakter serta minat yang tinggi terhadap Program studi yang dipilihnya. Banyak maba yang lulus di pilihan kedua, student day dapat membantu mereka untuk termotivasi mencintai dan menguasai bidang-bidang ilmu dan keterampilan yang akan mereka pelajari selama kuliah. Pelaksanaan student day dilaksanakan oleh unit ormawa terbawah (HMP) agar lebih mudah penyampaiannya.
    Yoslen. Eks Ketum BEM FPPsi UM.