TENTANG KAMI

Mahasiswa adalah pemuda-pemudi yang memiliki keyakinan pada kebenaran dan telah tercerahkan pemikirannya, serta diteguhkan hatinya ketika dihadapkan pada  kedzaliman, menjadikan dirinya unggul dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Oleh sebab itu, sepatutnya mahasiswa bergerak untuk mengubah kondisi bangsa menuju masyarakat madani yang adil dan makmur. Mahasiswa sebagai Agent of Change, diharapkan dapat selalu memperjuangkan kekuatan moral untuk bekal masa depan dalam rangka mengusung cita-cita yang telah diperjuangkan bangsa sejak dahulu. Oleh karena itu, diperlukan sebuah wadah bersama untuk menampung segala kegiatan kemahasiswaan, yang bersifat independen, kekeluargaan, keilmuan, kemasyarakatan, dan keterbukaan. Wadah ini bernama Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kabinet UM Gerak Inspirasi.

Dalam rangka menjaga dan meningkatkan aktivitas organisasi kemahasiswaan, melakukan perbaikan pendidikan dan penelitian, meningkatkan kesejahteraan, menegakkan hukum, politik, dan sosial kemasyarakatan. Sehingga tercipta budaya organisasi kemahasiswaan yang dinamis, produktif, dan berkesinambungan, menumbuhkan persatuan di antara seluruh mahasiswa Universitas Negeri Malang, maka disusunlah pedoman Acuan Kerja Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang berdaulat, berasaskan pada keadilan dan berdasar pada Ketuhanan Yang Maha Esa.

Mahasiswa sebagai bagian dari Bangsa Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan sesuai dengan hati nurani rakyat yang mencita-citakan terlaksananya kesejahteraan umum yang berlandaskan nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Sebagaimana yang telah diketahui, mahasiswa sebagai insan akademisi, bukan saja menerima materi dari bangku kuliah saja, akan tetapi juga harus dapat mengaktualisasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kehidupan bermasyarakat.. Selain itu, mahasiswa juga diharapkan untuk peka akan fenomena-fenomena yang terjadi di kehidupa sosial masyarakat dan dapat memberikan sikap kritis konstruktif yang dapat dipertanggungjawabkan secara moral dan ilmiah.. Mahasiswa sebagai salah satu pelaku kegiatan pendidikan mempunyai peranan penting untuk dapat memberikan sumbangan pemikiran terhadap Segenap persoalan baik di kampus maupun di luar kampus, yaitu bangsa dan negara Indonesia. Untuk itulah perlunya suatu pengkajian yang mendalam terhadap segenap persoalan untuk hari esok yang lebih baik. Saat ini, mahasiswa pada umumnya bersifat acuh tak acuh dan apatis terhadap segenap persoalan dan kondisi lingkungan, sosial budaya, politik, lingkungan dan kemasyarakatan. Dinamika kemahasiswaan yang terjadi sekarang ini banyak menuntut memperoleh pengetahuan tidak hanya di dalam studi perkuliahan, tetapi untuk memperoleh pengetahuan di luar studi perkuliahan juga tidak akan terlaksana apabila tidak disertakan suatu wadah dibuat dalam melakukan penggalian ilmu yang dilakukan di luar perkuliahan yaitu di sebuah organisasi kemahasiswaan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang. Untuk dapat memberikan manfaat yang lebih Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Malang bergerak dalam berbagai bidang, yaitu bidang yang menangani Pengkaderan dan Pengembangan Organisasi, Pengembangan Intelekual dan Kajian Strategis, Minat dan Bakat serta Sosial Masyarakat.